Friday 10 March 2017

Proposal Kripik Pisang

Abu_Gosok

Proposal Kripik Pisang

Buat teman - teman yang kesulitan membuat tugas sekolah, kuliah, referensi proposal kewirausahaan saya akan membagikan arsip tugas yang pernah saya buat :

contoh :


PROPOSAL
KEWIRAUSAHAAN

PEMBUATAN KRIPIK PISANG









Disusun Oleh :
Ayu Tri Wahyuni
Diana Anggraini
Devi Wulan Yuliana
Kiki Andriani

Kelas XII PM1




SMK 17 AGUSTUS 1945 CLURING
Status Terakreditasi “A”
Alamat : Jl. Karangrejo No. 10 Telp (0333) 396271


KATA PENGANTAR

Puji syukur Alhamdulillah kami panjatkan  kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyusun Proposal ini dengan baik.
Peran aktif dari semua pihak sangat kami harapkan agar Proposal dalam kegiatan ini dapat berjalan lancar sesuai yang diharapkan. Semoga segala bantuan dan kerjasama semua pihak yang memberi bantuan mendapat imbalan yang lebih balk dari Allah SWT.
Demikianlah penyusunan proposal, kami menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan proposal ini tidak terlepas dari kekurangan dan kesalahan. Besar harapan kami atas kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan proposal ini.

                                                Cluring, ___________
Penyusun











DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL ..........................................................  i
KATA PENGANTAR  ......................................................  ii
DAFTAR ISI .....................................................................  iii

BAB   I    PENDAHULUAN
A.               Latar Belakang ...................................................  1
B.               Rumusan Masalah ..............................................  2
C.               Manfaat Hasil Kegiatan ......................................  2

BAB   II   PELAKSANAAN PROGRAM
A.   Tempat dan Waktu Pelaksanaan ..............................  3
B.   Materi Kegiatan ........................................................  3
C.   Subjek Penelitian ......................................................  3
D.   Sarana dan Prasarana ..............................................  3
E.    Kepanitiaan  .............................................................  4
F.    Biaya Pembinaan .....................................................  4

BAB   III  PENUTUP
Penutup .............................................................................  5


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia bisa dilakukan  pada jalur formal dan non formal. Dalam jalur formal bisa melalui lembaga pendidikan sekolah, sedang jalur non formal salah satu diantaranya adalah melalui Lembaga Kepemudaan. Generasi muda merupakan penerus kita dan anda dalam membangun masyarakat madani yang dicita - citakan menuju Indonesia yang sejahtera.
Sebagai salah satu modal dasar dalam pembangunan maka pemuda perlu dihimpun dan dibina agar mereka benar - benar mampu mengambil peran aktif dalam pembangunan didaerah. Untuk itu, diperlukan konsep yang tepat dalam pembinaan lembaga kepemudaan agar keberadaannya benar - benar dapat menumbuhkembangkan motivasi dan kreativitas pemuda. Selama ini peran lembaga kepemudaan belum berperan aktif dan belum menampakkan hasil yang nyata dalam pembangunan, padahal pemuda adalah generasi penerus dan berpotensi besar dalam pembangunan daerah karena usianya yang produktif.
Negara Indonesia merupakan Negara agraris, keadaan iklimnya yang tropis dan wilayahnya yang subur menjadikan  sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Banyak sekali kekayaan alam yang kita miliki dan dimanfaatkan untuk diolah guna memenuhi kebutuhan  hidup sehari-hari. Tanah Indonesia sangat cocok untuk berbagai jenis tumbuhan. Sehingga petani Indonesia tidak mengalami kesulitan untuk menanami berbagai  macam tumbuhan.
Akan tetapi sudah maksimalkah masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan  dan mengolah kekayaan alam itu, jawabannya adalah belum. Tanah yang subur dan tumbuhan yang bervariasi  justru menjadikan penduduk Indonesia menjadi malas dan tidak mau bekerja keras  untuk mengolah Sumber daya alam tersebut. Sumber daya alam yang seharusnya bisa memberikan penghidupan dan kemakmuran bagi masyarakat Indonesia dibiarkan tanpa ada usaha keras untuk mengolahnya. Akhir-akhir ini Indonesia mengalami krisis ekonomi diatas kesuburan tanah Indonesia. Banyak sekali pengangguran dan kemiskinan. Bukankah ini merupakan sesuatu kesimpangan yang patut kita perhatikan.
Sebagai generasi muda penerus bangsa kita perlu memikirkan  cara agar sumber daya alam  yang kita miliki dapat di olah dengan baik dan sumber daya manusia yang tidak di manfaatkan bisa berarti untuk masa depan, selain itu jumlah pengangguran di Indonesia akan berkurang. Salah satu cara adalah dengan menghimpun beberapa pemuda yang tidak bekerja untuk menciptakan usaha kecil yang memanfaatkan buah pisang menjadi makanan ringan yang bergizi, gurih dan lezat. Kegiatan ini selain positif dari segi ekonomi juga mengurangi kejahatan karena pengguran.
Buah pisang selain mengandung gizi, keberadaannya juga sangat mudah didapatkan, karena tumbuh hampir di semua daerah dan harganya juga terjangkau, dalam kegiatan ini kami mengolah buah pisang menjadi kripik pisang.
B.     Rumusan Masalah
Permasalahan mendasar saat ini adalah banyaknya sumber daya alam  yang tidak dikelola dan dimanfaatkan  pemuda sekitar lingkungan kita. Sedangkan sumber daya alam tersebut bisa menjadi suatu penghidupan dan masa depan yang baik jika dikelola dengan baik. Dilain pihak banyak kita temui pemuda/pemudi usia produktif yang tidak memiliki kegiatan atau pekerjaan sehingga hal tersebut bisa melemahkan potensi yang ada dalam diri pemuda kearah lebih maju.
C.     Manfaat Hasil Pelatihan
Kegitan ini dapat memberi manfaat bagi pemuda diantarnya :
1.          Mengembangkan potensi pemuda dalam kewirausahaan.
2.          Membuka lapangan kerja sendiri.
3.          Melindungi pemuda dari tindakan negatif.
4.          Meningkatkan kwalitas sumber daya manusia dan perekonomian.


untuk proposal lengkap disni
untuk kesulistan tugas request : abu_gosok



No comments:

Post a Comment